Assalamu 'alaikum, silahkan login atau registrasi.
Google Translate
Komentar Terbaru
Cara Mengatasi Kaki Terkilir
12/05/2012 | Artikel Artikel Kesehatan | Views: 4108 times
3
0

 Apa sebenarnya yang terjadi saat kaki terkilir? Lalu, apa yang harus dilakukan?

Seseorang dikatakan terkilir atau keseleo bila ligamen (berkas liat seperti karet yang melekat pada tulang-tulang dan mengikat persendian pada tempatnya) pada lutut, pergelangan kaki, atau siku, terlalu diregang atau robek. Terkilir biasanya terjadi dalam suatu peristiwa traumatis seperti jatuh, terguling, atau kecelakaan sehingga persendian bergerak melebihi radius gerak normalnya. Akibatnya ligamen meregang atau robek.
Daerah yang sering terkilir adalah pergelangan kaki, lutut, atau lengkungan telapak kaki. Saat terjadi, ada bunyi “krek”.

Terkilir biasanya langsung diikuti terjadinya pembengkakan secara cepat dan kulit jadi berwarna gelap karena adanya perdarahan. Sendi jadi sulit digunakan atau terasa tidak stabil. Ada rasa sakit dan lunak pada bagian yang terkena.

Jika sendi tidak bisa berfungsi, kemungkinan dalam cedera itu terdapat keretakan atau diskolasi. Jika Anda mencurigai adanya kerusakan ligamen yang serius atua rasa sakit yang hebat dan kesulitan menggerakkan sendi, jangan tunggu lagi, langsung cari pertolongan dokter. berikut cara atasi kaki terkilir yang sukaguecom kutip dari tribunnews

Cara mengatasi

Tanpa obat:

Untuk terkilir yang tidak parah, selama 24 jam pertama bisa dibantu dengan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.

Mungkin diperlukan penopang berupa perban pembalut elastis. Lakukan kegiatan seperti biasa dengan hati-hati sambil mencoba sedikit-sedikit menggunakan sendi yang terkena.

Untuk mengurangi pembengkakan, bisa juga dibantu dengan ramuan tradisional. Parutan 2 ruas jahe (Ziniber officinale, Rosc.) ditambahkan sedikit garam, dibalurkan pada bagian tubuh yang terkilir. Lakukan ini 2x sehari.

Atau dengan segenggam kacang hijau (Phaseolus radiatus, L.) mentah, sedikit sereh (Cymbopogon nardus, L. Rendle, atau Adropogon nardus, L.) dan sedikit air, ditumbuk sampai agak halus. Balurkan ramuan ini ke bagian yang terkilir, lalu balut.

Obat bebas:

Untuk mengurangi rasa sakit bisa digunakan obat asetaminofen atau obat-obat antiradang nonsteroid seperti ibuprofen untuk rasa sakit yang disertai pembengkakan.

Obat/tindakan dokter:

Bila terkilir yang dialami cukup serius sehingga sendi tidak stabil, dokter akan memberi tindakan yang sesuai kondisi. Bagian yang terkilir mungkin akan diberi belat agar tidak bisa digerakkan.

sumber;sukague.com

Rating : 4 from 5
Comments (1)

Tulis komentar

Nama :
E-Mail:
Website:
Komentar :
Note: HTML is not translated!
Rating : Buruk            Baik
Masukkan kode dalam kotak di bawah ini: